Sejarah Cisco

             WELCOME TO BOT OFFICIAL

Hay Guys mungkin kali ini gwe mau ngejelasin tentang Sejarah Cisco 

mungkin dari kalian ada yang udah tidak asing lagi kali yah sma Cisco..πŸ˜‹

yap mungkin langsung aja gwe jelasin tentang Sejarah Cisko..😁

   Untuk kalian yang penasaran dan ingin tahu dengan sejarah tentang Cisco, disini saya akan memperkenalkan sejarah Cisco kepada kalian. Langsung saja baca dan pahami dengan baik yah :D

   Cisco atau Cisco Systems adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1984 oleh dua orang eks-staf Stanford University bernama Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Bisnis utama Cisco meliputi berbagai perangkat internetworking seperti: router, bridge, hub dan switch.


Sandy Lerner and Len Bosack


Buat yang ga tau dua orang itu saudara dari saudara dari saudara laginya gwe hehe;v


   Awal mula cerita tentang Cisco System dimulai sekitar tahun 1980 sampai tahun 1981, yaitu setelah Xerox PARC (Palo Alto Resarch Center) mengumumkan beberapa komputer Alto dan Ethernet Card di Universitas Standford. Komputer Alto merupakan cikal bakal dari komputer grafis yang telah menginspirasi Steve Jobs (pendiri Apple Computer) untuk membuat Macintosh yang legendaris. Selain itu, teknologi Ethernet yang digunakan oleh Alto juga telah menginspirasi beberapa staf Standford untuk melakukan riset dibidang jaringan komputer. Sehingga komputer-komputer yang ada di lingkungan Universitas Stanford dapat saling berkomunikasi melalui jaringan komputer.


  Pada awalnya staf Stanford hanya melakukan riset dan bekerja untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. Kemudian, dua orang staf bernama Leonard Bosack and Sandy K. Lerner menginvestasikan dana pribadi untuk mengembangkan multiprotokol router yang dipasangkan dalam perangkat berbentuk seperti komputer yang diberi lebel Cisco. Ide membuat

  Ide membuat "blue box" yang dilengkapi kipas pendingin dan dapat bekerja dengan hanya 
menancapkan kabel ternyata itu ide yang cemerlang loh. Apalagi saat itu merupakan awal perkembangan internet. Perangkat buatan Cisco ini laris terjual dan cukup banyak perusahaan dan lembaga pendidikan yang menggunakan router buatan Cisco.

  Namun, ada yang harus kalian tahu dibalik kisah kesuksesan tersebut ada kisah kelabu yang mewarnai sejarah Cisco Systems. Sebenarnya, teknologi yang dikembangkan oleh Cisco Systems (saat memulai bisnis) merupakan hasil karya beberapa staf Stanford. Sebagian staf Stanford yang mengembangkan multiprotokol router telah pindah ke Cisco dan menyumbangkan hasil karyanya kepada perusahaan Cisco.

  Ketika staf Stanford yang lainnya mengetahuinya, maka terjadilan "perang" antara Stanford dengan Cisco Systems. Kejadian ini hampir saja "mematikan" perusahaan Cisco akibat tuntutan pengacara Standford atas kewajiban membayar royalti yang cukup besar. Disamping kewajiban lainnya dan hak bagi Stanford untuk tetap dapat menggunakan software hasil pengembangan para staf Stanford yang telah menjadi karyawan Cisco. Ini adalah sebuah kisah kelabu yang mungkin tidak akan diceritakan oleh pendiri-pendiri Cisco Systems yang saat ini telah menjadi milyuner. Jika kita teliti dalam meneliti sejarah kelahiran perusahaan IT kelas dunia, ternyata ada banyak perusahaan yang mengawali bisnisnya dengan cara seperti ini.

Dan setelah itu mereka berua hidup bahagia bersama selesai....heheπŸ˜ƒπŸ˜‚πŸ˜‚

engga gan bercanda hehe... mungkin dari pelajaran di atas kita dapat pelajaran dari pertama membangun demi kemajuan teknologi komputer hingga saat kini 

gwe bangga sama mereka berdua...

yah segitu aja kali yah tunggu postingan selanjutnya...


  Hanya itu saja yang bisa gwe tuliskan tentang sejarah Cisco, semoga bermanfaat ya :D

Salam Teknologi good bey...πŸ˜‰πŸ˜‰

0 comments:

Post a Comment